Pages

Rabu, 23 Januari 2013

Pekerjaan unik Bergaji besar

1. Penyelam mutiara

img
Para teknisi terlatih berkemampuan andal sehari-hari bekerja 30 meter di bawah permukaan laut, mengumpulkan tiram dan kerang dari dasar laut. Mereka bergantung pada para penyelam pemandu yang tugasnya mencegah tim tersesat dan menjaga suplai oksigen.

“Ini pekerjaan yang sangat berbahaya, tapi bayarannya bagus,” kata Colin Burn, seorang pengrajin di kota mutiara Broome, Australia. Seorang penyelam mutiara bisa meraup pendapatan hingga US$ 110.000 (Rp 1,03 miliar) hanya dalam 2 bulan bekerja.

2. Koki di kapal selam

img
Menurut Oznewsroom.com, seorang juru masak dengan pengalaman 6 tahun di kapal selam bisa mendapat gaji hingga US$ 227.500 (Rp 2,14 miliar) per tahun, setara dengan gaji seorang laksamana muda Angkatan Laut.

Salah satu alasan di balik tingginya bayaran itu adalah, sulit menggoda chef berkualifikasi untuk bekerja bagi pasukan militer di bawah laut. Meski ditawari bayaran US$ 4.000 (Rp 150,4 juta) per minggu, para juru masak ini lebih memilih hidup bebas dan nikmatnya hidup di daratan kering.

3. Penyelam minyak dan gas bumi

Profesional yang berkualifikasi untuk bekerja di industri ini bisa meraup bayaran hingga US$ 80.000 (Rp 752 juta) dalam setahun. Para penyelam 'premium; ini wajib memiliki sertifikat khusus dan sangat terlatih, tidak seperti penyelam komersil pada umumnya.

Mereka tidak hanya mengunjungi lokasi bawah air tempat minyak diekstrak. Mereka juga melakukan berbagai tugas yang butuh keahlian teknis dan fisik mumpuni. Seperti menginspeksi dan memasang rig, mengelas atau memasang pipa.

“Penyelam O&G bekerja dalam kondisi terberat di berbagai belahan dunia. Mereka diminta untuk menyelam dan memperbaiki di bawah kondisi beresiko bahkan saat cuaca buruk. Apalagi, mereka harus berpisah lama dan jauh dari keluarga,” kata Nidthia Chelvam, general manager di konsultan kepemimpinan Hay Group.

Underwater Centre yang menawarkan pelatihan bagi penyelam dan berbasis di Inggris ini mengatakan, setelah mendapat pengalaman kerja di pelabuhan, dam dan perairan darat, profesional bisa memenuhi syarat untuk pos berikutnya yang lebih berat dan menghasilkan.

“Saat ini industri minyak dan gas merupakan satu-satunya sumber lapangan kerja terbesar di sektor bawah laut. Pada dekade mendatang, pengembangan besar-besaran akan menciptakan sejumlah lapangan pekerjaan di sektor tepi pantai yang dapat diperbarui,” tulis Underwater Centret di situs resminya.

4. Operator junket di Macau

img
Gaji seorang operator junket di Macau bisa mencapai US$ 5.000 (Rp 47 juta) per bulannya. Hal ini diungkapkan oleh Vicky Chan, manager marketing dan komunikasi di MacauHR. Sedangkan menurut laporan lain, mereka bisa mendapat bayaran lebih besar dari angka yang disebutkan sebelumnya.

Masih mirip-mirip dengan penyelenggara tur, tugas para operator junket ini adalah menggoda tamu-tamu kelas atas untuk masuk ke ruangan VIP privat di kasino. Besarnya bayaran mereka tergantung dari seberapa banyak uang yang digelontorkan para tamu tersebut (gaji berbasis komisi sepenuhnya).

Dengan keberhasilan Macau yang mengalahkan Las Vegas sebagai tujuan perjudian terbesar di dunia, menyedot 22 juta pengunjung tahun lalu, operator junket tengah menikmati 'ranumnya' penghasilan dari para tamu-tamu.

5. Pelatih yoga

img
Jadi guru yoga tidak selalu berarti Anda akan dibayar mahal. Tapi jika melihat daftar klien Bikram Choudhury yang salah satunya mantan Presiden AS Richard Nixon, sepertinya sudah cukup mencerminkan seberapa 'gemuknya' tabungan seorang master yoga.

Meski nama bikram yoga menekankan bahwa dia adalah pria spiritual bukan seorang pebisnis, namun bisnis juara All-India Yoga Champion empat kali berturut-turut ini sangat mengesankan. Tercatat penjualan tahunannya mencapai US$ 5,7 miliar (Rp 53,58 triliun) berkat jaringan waralaba spinoff dan pengikutnya yang sangat setia.

6. Sommelier

img
Berterima kasih lah pada para sommelier. Berkat mereka, makan malam di restoran mewah terasa lebih nikmat dan lengkap dengan wine-wine pilihan yang menyempurnakan citarasa hidangan dan indera perasa Anda.

Seorang kepala sommelier asing berpengalaman dan terlatih bisa mendapat bayaran US$ 10.250 per bulannya. Angka itu diutarakan oleh Eric Desgouttes, manager wine mewah untuk grup retail wine terbesar di Hong Kong, Watson's Wine Cellar.

Sommelier harus tahu detil-detil berbagai macam wine. Mereka yang merancang daftar wine di restoran, mendapatkan sumber asli dari Perancis hingga California dan menasehati klien tentang pemasangan makanan dan wine yang tepat. “Hanya dua atau tiga restoran di Hong Kong yang sanggup membayar gaji sebesar itu,” kata Desgouttes.

7. Terapis aroma

img
Menurut para blogger, gadis-gadis Taiwan sekarang bisa mendadak kaya dengan bekerja sebagai terapis aroma. Dengan gaji US$ 30.000 (Rp 282 juta) per tahun, tugas sehari-harinya tergolong mudah. Mereka harus menciptakan suasana nyaman, tenang dan rileka bagi para pelanggannya. Namun para terapis aroma ini tidak sembarangan.

Untuk menjadi seorang master aroma, mereka harus memperoleh sertifikasi dari International Federation of Professional Aromatherapists (IFPA). Seorang ahli aroma juga harus bisa membedakan dan menghafal manfaat penyembuhan dari 100 jenis essential oil yang berbeda-beda.
Share

0 komentar:

Poskan Komentar