Pages

Kamis, 10 Januari 2013

5 Jenis Dance Modern

Popping adalah tari funky dan jenis tari jalanan yang berdasar pada teknik mengkontraksi dan melemaskan otot sehingga menimbulkan efek kejut pada tubuh penari, disebut juga pop atau hit. Hal ini dilakukan secara terus – menerus mengikuti ketukan lagu dana dikombinasikan dengan berbagai macam gerakan dan pose. Penari popping biasa disebut sebagai popper.Diketahui bahwa popping berkembang di Fresno, California di tahun 1970an, terinspirasi dari locking juga.Seperti tari – tari jalanan lainnya, popping juga sering dipertunjukkan dalanm bentuk battle, mencoba menonjolkan penari – penari atau tim tari di depan banyak orang. Hal ini akan memberi ruangan untuk improvisasi, seperti membuat interaksi kepada tim lawan. Shuffle dance adalah street dance yang pertama kali dibawakan oleh kelompok dance dari Melbourne, Australia. Shuffle Melbourne membawakan tariannya ini sekitar pada tahun 1980an. Namun pencipta awalnya adalah Paula Abdul, seorang koreografer pada tahun 1980an. Tarian ini mulai ngetrend di Australia sekitar pada tahun 2004 dan sampai di Indonesia sekitar tahun 2006.
Gerakan dance yang ini terhitung berbeda dengan dance yang lainnya, karena tariannya lebih mengandalkan kekuatan kaki. Shuffle dance lebih menggabungkan gerakan tangan dengan kaki yang lebih berfokus pada tumit. Gerakannya seputar langkah hopping atau geser yang dilakukan sedemikian rupa pada kecepatan tertentu dan terlihat seperti seorang pelari.
Macam-macam gerakan Shuffle antara lain adalah runningman, shuffle, glide, spin, spin and kick dan extreme spin. Running Man adalah gerakan berlari di tempat namun tidak berpindah serupa dengan orang sedang berlari namun dengan menggunakan kecepatan yang teratur . Sedangkan Shuffle adalah pengembangan dari runningman dengan berpindah ke kanan kiri atau depan belakang di ikuti dengan hentakan kaki. Sedangkan glide spin dan glide serta extream spin adalah gerakan yang digubah atau dikembangkan yang awal atau dasar geraknya adalah runningman dan shuffle.
Shuffle dance ini juga selain terlihat keren dalam gerakannya juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, antara lain yaitu bisa mengurangi berat badan karena ber-shuffle selama 10 menit sama dengan treadmill selama 30 menit. Selain itu bisa menyehatkan badan karena semua indera gerak kita dipakai dalam tarian ini. Juga dapat melatih keseimbangan tubuh. Jadi selain untuk tempat menyalurkan hobi dance dan life style, juga dapat untuk kesehatan. Silahkan mencoba teman.
Breakdance, breaking, b-boying atau b-girling adalah gaya tari jalanan yang muncul sebagai bagian dari gerakan hip hop di antara African American dan anak muda dari Puerto Rico yang dilakukan di bagian selatan New York City yang brutal pada tahun 1970. Pada Umumnya tarian ini diiringi lagu hip hop,rap, atau lagu remix (lagu yang di aransemen ulang). Seorang breakdancer, breaker, b-boy atau b-girl adalah orang yang memainkan gerakan breakdance. Breakdance adalah salah satu unsur dari 5 unsur hip-hop yaitu mc,gravity,dj dan streetball. Breakdance memiliki macam-macam gerakan dasar/basic seperti top rock/up rock,footwork,freeze dan power moves. Breakdance memiliki macam-macam istilah/nama lain seperti breaking dan b-boying. Breakdance datang dari Bronx,New York.Istilah ” B-boy atau B-boying ” dibuat oleh Kool Herc. B-boys memiliki arti break boy atau orang-orang yang melakukan breakdance. Seorang B-Boy harus bisa menguasai seluruh element gerakan/moves dalam breakdance. Ini masih menjadi kontroversi hingga kini dimana ada sebagian B-boy yang fokus pada Powermoves dan ada sebagian B-boy yang hanya fokus pada style dan skill individual seperti footwork dan freeze. Breakdance dulu bernama ” Good Foot from James Brown “. Nigger Twins,Clark Kent dan Zulu Kings adalah nama-nama B-boy yang terkenal pada zamannya. Breakdance mulai menunjukan geliatnya ketika DJ Koll Herc mulai menghasilkan musik yang sedikit berbeda dengan musik-musik pada zaman dulu. Sebuah musik Hip Hop dengan beat yang patah-patah atau biasa disebut dengan break beat yang berjasa dalam menghasilkan musik yang dapat menginspirasi para breaker menciptakan gaya-gaya yang atraktif dan unik. Selain sebagai DJ yang menciptakan sebuah musik yang sangat pas untuk breakdance, Koll Herc juga termasuk salah satu senior di dunia musik Hip Hop yang pada saat itu rela menjadikan tempat tinggalnya sebagai markas untuk komunitas ini. Tutting” adalah gaya tarian yang pertama kali populer di YouTube pada tahun 2009. Secara khusus “finger tutting” menemukan penggemarnya, terutama bagi para remaja karena gaya dance yang mudah serta penuh inovasi gerakan-gerakan sederhana dengan hanya menggunakan kedua tangan.

Tutting itu sendiri merupakan gaya tari jalanan (street dance) kontemporer, yang dasar tariannya berasal dari jaman hieroglif Mesir (Mesir kuno). Istilah Tutting berasal dari nama Firaun Mesir; Tutankhamun. Tutting dilakukan dengan cara menyesuaikan irama musik ‘dengan mengubah posisi tubuh dan anggota badan dengan gaya atau gerakan robot. Pada masa sekarang, finger tutting adalah gerakan tarian yang dilakukan hanya dengan menggunakan jari-jari 
Mungkin tarian ini bisa dilakukan oleh jenis tarian manapun, karena tarian ini mengkolaborasikan beat/ketukan lagu dengan gerakan . dan Dubstep adalah genre musik dansa elektronik yang berasal dari London Tenggara, awalnya hanya menjadi salah satu tema bagi kalangan tertentu saat merayakan pesta.

Musik Dubstep mulai ramai dibicarakan pada 2001 di kalangan anak muda London, Inggris. Dubstep populer buat anak muda yang suka bereksperimen dengan musik garasi. Dengan makin maraknya musik-musik remix juga ikut membuat jenis musik ini tersebar luas .
Share

0 komentar:

Poskan Komentar